1.Pandangan
Behaviorisme
Belajar bahasa Indonesia proses pengusaan
belajar bahasa pertama,dan bahasa kedua dengan cara ilmiah dan format.
Pandangan behaviorisme
a.Menurut Pavlov
-belajar bahasa adalah proses asosiasi
antara respon replektif
-bahasa adalah proses adanya respond dan
stimulus
-belajar bahasa adalah proses adanya
stimulus bersyarat
-belajar bahasa adalah tidak adanya
proses/bawaan
-belajar bahasa adanya classical
conditioning atau proses clasik
2.Pandangan kognitifisme
Belajar adalah proses penguasaan yang penuh
makna antara informasi baru dengan informasi lama
Menurut Ausobel
-belajar dapat memberikan makna dengan cara
menyatukan informasi lama dengan informasi baru
-belajar dapat memberikan makna dengan cara
memperdalam ilmu yang sudah ada dengan ilmu yang
baru dimiliki
Menurut Choinsky
-tidak setujuh apa yang disampaikan oleh kaum
behaviorisme yang berendapat bahwa manusia sama
dengan binatang
-tidak setujuh adanya respond an stimulus
karena sejak lahir manusia sudah memiliki factor bawaan.
-tidak adanya kesesuaian eksperimen yang
dilakukan oleh kaum behaviorisme terhadap aplikasi belajar
ANALISIS KESALAHAN
BERBAHA
Bahasa
antara adalah sikap/prilaku yang dimilki seseorang dalam proses perubahan dari
bahasa ibu(B1)kedalam bahasa Indonesia(b2)
Menurut
silinker adalah suatu sikap yang dimiliki seseorang didalam proses untuk
mengusai bahasa kedua
Menurut
Korder dan beberapa istilah didalam-didalam kesalahan-kesalahan berbahasa
1.Salah =penyimpangan stuktur bahasa yang terjadi karena kurang
tepatnya pemilihan pengungkapan yg
tidak sesuai
dengan situasi.
2.Selip=penympangan struktur bahasa yang terjadi karena
pengalihan topic pembicaraan secara sesaat /
tiba-tiba
3.Silap=penyimpangan struktur bahasa yang terjadi karena
penilaian ungkapan yang tidak sesuai dengan
kaidah
bahasa.
Menurut
Silinker dan beberapa cara untuk mengamati kesalahan bahasa:
a.ujaran
bahasa asli dari hasil pembelajaran.
b.ujaran
bahasa antara dari hasil pembelajaran.
c.ujaran
bahasa antara – asli dari hasil pembelajaran.
PROSES SENTRAL DALAM BAHASA ANTARA
1.Menurut
Silinker
2.Menurut Richarol
a.Transfer
bahasa
a.Pengaruh bahasa k1
b.Transfer
of training bahasa
b.Pengaruh bahasa k2
c.komunikasi
bahasa
d.Strategi
bahasa
e.Over
generalization/kelebihan makna
3.Menurut
Corder
4.Menurut Tailer
a.pengaruh
kaidah bahasa a.Over
generalization
b.transfer
bahasa
b.terjemahan
c.metode/teknik
pengajaran bahasa
c.kaidah bahasa
Kesimpulan
dari ke-4 pendapat para ahli tersebut:
a.over
generalization
b.transfer
bahasa
c.kaidah
bahasa
d.proses
pengajaran bahasa/structural
e.strategi
dan komunikasi bahasa.
Langka-langka
menganalisis kesalahan dalam bahasa antara
1.Dengan
cara menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah struktur bahasa
2.Dengan
cara memperhatikan pasangan-pasangan kalimat.
3.Dengan
cara memahami keadaan bahasa antara tersebut
Pembelajaran
bahasa menurut pandangan behaviorisme
a.Tial
and error = pencobaan dan kesalahan
b.Mengasosiakan
= menentukan suatu dari keadaan
c.Menganalogikakan
= menurut berdasarkan contoh
d.Meniruh
e.Mengingat-ingat
Kesimpulan
dari Pavlov dan skinner
a.pembelajaran
diamati dari perubahan tingkah laku
2.pembelajaran
diamati dari hasil eksperimen
3.pembelajaran
diamati dari tahap-tahap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar