Jumat, 15 Maret 2013

TEORI BAHASA




 1.Pandangan Behaviorisme
Belajar bahasa Indonesia proses pengusaan belajar bahasa pertama,dan bahasa kedua dengan cara ilmiah dan format.
Pandangan behaviorisme
   a.Menurut Pavlov
     -belajar bahasa adalah proses asosiasi antara respon replektif
     -bahasa adalah proses adanya respond dan stimulus
     -belajar bahasa adalah proses adanya stimulus bersyarat
     -belajar bahasa adalah tidak adanya proses/bawaan
     -belajar bahasa adanya classical conditioning atau proses clasik
2.Pandangan kognitifisme
   Belajar adalah proses penguasaan yang penuh makna antara informasi baru dengan informasi lama
   Menurut Ausobel
   -belajar dapat memberikan makna dengan cara menyatukan informasi lama dengan informasi baru
   -belajar dapat memberikan makna dengan cara memperdalam ilmu yang sudah ada dengan ilmu yang
    baru dimiliki
   Menurut Choinsky


  -tidak setujuh apa yang disampaikan oleh kaum behaviorisme yang berendapat bahwa manusia sama
    dengan binatang
   -tidak setujuh adanya respond an stimulus karena sejak lahir manusia sudah memiliki factor bawaan.
   -tidak adanya kesesuaian eksperimen yang dilakukan oleh kaum behaviorisme terhadap aplikasi belajar

ANALISIS KESALAHAN BERBAHA

Bahasa antara adalah sikap/prilaku yang dimilki seseorang dalam proses perubahan dari bahasa ibu(B1)kedalam bahasa Indonesia(b2)
Menurut silinker adalah suatu sikap yang dimiliki seseorang didalam proses untuk mengusai bahasa kedua

Menurut Korder dan beberapa istilah didalam-didalam kesalahan-kesalahan berbahasa
1.Salah =penyimpangan stuktur bahasa yang terjadi karena kurang tepatnya pemilihan pengungkapan yg
              tidak sesuai dengan situasi.
2.Selip=penympangan struktur bahasa yang terjadi karena pengalihan topic pembicaraan secara sesaat /      
             tiba-tiba

3.Silap=penyimpangan struktur bahasa yang terjadi karena penilaian ungkapan yang tidak sesuai dengan
             kaidah bahasa.
Menurut Silinker dan beberapa cara untuk mengamati kesalahan bahasa:
a.ujaran bahasa asli dari hasil pembelajaran.
b.ujaran bahasa antara  dari hasil pembelajaran.
c.ujaran bahasa antara – asli dari hasil pembelajaran.

PROSES SENTRAL DALAM BAHASA ANTARA

1.Menurut Silinker                                                         2.Menurut Richarol
a.Transfer bahasa                                                             a.Pengaruh bahasa k1
b.Transfer of training bahasa                                           b.Pengaruh bahasa k2
c.komunikasi bahasa
d.Strategi bahasa
e.Over generalization/kelebihan makna





3.Menurut Corder                                                 4.Menurut Tailer
a.pengaruh kaidah bahasa                                       a.Over generalization
b.transfer bahasa                                                     b.terjemahan
c.metode/teknik pengajaran bahasa                        c.kaidah bahasa

Kesimpulan dari ke-4 pendapat para ahli tersebut:
a.over generalization
b.transfer bahasa
c.kaidah bahasa
d.proses pengajaran bahasa/structural
e.strategi dan komunikasi bahasa.

Langka-langka menganalisis kesalahan dalam bahasa antara

1.Dengan cara menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah-kaidah struktur bahasa
2.Dengan cara memperhatikan pasangan-pasangan kalimat.
3.Dengan cara memahami keadaan bahasa antara tersebut




Pembelajaran bahasa menurut pandangan behaviorisme
a.Tial and error = pencobaan dan kesalahan

b.Mengasosiakan = menentukan suatu dari keadaan
c.Menganalogikakan = menurut berdasarkan contoh
d.Meniruh
e.Mengingat-ingat

Kesimpulan dari Pavlov dan skinner
a.pembelajaran diamati dari perubahan tingkah laku
2.pembelajaran diamati dari hasil eksperimen
3.pembelajaran diamati dari tahap-tahap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar