1.
Prinsip-prinsip perkembangan
a. Perkembangan
adalah proses yang tidak pernah berhenti
b. Semua
aspek perkembangan saling mempengaruhi
c. Perkembangan
mengikuti pola dan arah tertentu
d. Perkembangan
terjadi dalam tempo berlainan
e. Setiap
fase perkembangan mempunyai cirri khas
f. Setiap
individu yang normal mengalami fase perkembangan.
2.
Karakteristik
peserta didik antara lain:
1. Karakteristik
kemampuan awal
2. Karakteristik
latarbelakang social ekonomi
3. Kepribadian
individu peserta didik
3.
Teori
kebutuhan menurut Abraham maslav
a. Kebutuhan
fisiologis
b. Kebutuhan
rasa aman
c. Kebutuhan
social
d. Kebutuhan
penghargaan
e. Kebutuhan
estetik/keindahan
f. Kebutuhan
aktualisasi diri.
4.
Kebutuhan
remaja
a. Kasih
sayang
b. Keikutsertaan
c. Berdiri
sendiri/mandiri
d. Berprestasi
e. Pengakuan
atau jati diri
f. Dihargai
g. Falsafah
hidup
5.
Upaya
pemenuhan kebutuhan remaja
a. Kemerdekaan
remaja
b. Kemerdekaan
mandiri
c. Mengeksplorasi
lingkungan
d. Keadilan
e. Kejujuran
f. Kewajaran
g. Ketertiban
6.
Karakteristik
penyesuaian remaja
a. Penyesuaian
diri remaja terhadap peran dan identitasnya
b. Penyesuaian
diri remaja terhadap pendidikan
c. Penyesuaian
diri remaja terhadap kehidupan sek
d. Penyesuaian
diri remaja normal social
e. Penyesuaian
diri remaja terhadap penggunaan waktu luang
f. Penyesuaian
diri remaja terhadap penggunaan uang
g. Penyesuaian
diri remaja terhadap kecemasan, konflik,
dan prustasi
7.
Factor
factor yang mempengaruhi penyesuaian remaja
1. Kondisi
fisik
2. Kepribadian
3. Proses
belajar
4. Lingkungan
5. Agama
dan budaya
8.
Beberapa
pandangan mengenai hakekat peserta didik sebagai manusia:
1. Pandangan
psikonalistik adalah bahwa wanita ada hakekatnya digerakan oleh dorongan
dorongan dari dalam dirinya yang bersifatintiningtif
2. Pandanganhumoristik
adalah manusia memiliki dorongan untuk mengarahkan dirinya ketujuan positif,
selalu berkembang, berubah mejadi pribadi yang maju dan sempurna.
3. Pandangan
martin beaber adalah manusia merupakan suatu keberadaan yang berpotensi namun
dihadapkan [ada kesuksesan dan sehingga manusia itu terbatas.
4. Pandanga
behaviorisme adalah ada dasarnya menganggap manusia sepenuhnya adalah makluk
yang relative yang tingkah lakunya di control dari factor factor yang datang
dari luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar