Senin, 18 Maret 2013

Lagi, Ilmuwan Klaim Temukan Partikel Tuhan

Ahmad Luthfi - Okezone

Browser anda tidak mendukung iFrame
Selasa, 19 Maret 2013 05:01 wib
detail berita
Ilustrasi Partikel Tuhan (Foto: 360nobs)
CALIFORNIA - Partikel sub-atom bernama Higgs boson yang sulit dipahami dianggap sebagai "bangunan" penting dari terwujudnya alam semesta. Higgs Boson atau Partikel Tuhan ini telah lama diteliti sejak beberapa dekade lalu, dan ilmuwan telah mengonfirmasi keberadaan partikel tersebut.

Dilansir Sci-tech-today, Senin (18/3/2013), Partikel Tuhan telah diperkirakan ada sejak 1964, untuk membantu pemahaman ilmuwan tentang penciptaan jagad raya, di mana banyak teori muncul terkait adanya ledakan dahsyat yang dikenal dengan nama Big Bang.

Nama partikel ini berasal dari nama penemunya, Peter Higgs, seorang fisikawan yang mengusulkan keberadaannya. Namun, lambat laun partikel ini dikenal dengan nama God particle (Partikel Tuhan).

Penemuan ini akan menjadi pesaing kuat untuk peraih Nobel Prize. Juli tahun lalu, ilmuwan di  European Organization for Nuclear Research atau CERN mengumumkan temuan partikel yang mereka gambarkan mirip Higgs.

"Hasil awal dengan susunan data 2012 adalah luar biasa. Bagi saya, ini adalah jelas bahwa kami berhadapan dengan Higgs boson, meskipun kami masih memiliki jalan panjang untuk mengetahui lebih rinci mengenai Higgs boson," jelas Joe Incandela, fisikawan yang memimpin salah satu dari dua tim utama di CERN. Satu tim terdiri dari beberapa ribu ilmuwan.

Benar atau tidaknya partikel yang diklaim ini merupakan Higgs boson, ilmuwan menunjukkan bagaimana partikel ini berinteraksi dengan partikel lain dan meneliti properti kuantumnya.

CERN menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan, ilmuwan mengungkapkan bahwa data ini mengindikasikan dengan kuat bahwa partikel ini merupakan Higgs boson atau Partikel Tuhan.

Hasilnya akan diumumkan dalam sebuah pernyataan oleh CERN yang berbasis di Geneva, Swiss. Selain itu, temuan Partikel Tuhan ini akan dirilis pada konferensi fisika di Italian Alps. (fmh)
 Ini meruapan sebuah berita yang penting dan patut untuk di ketahui oleh kalayak ramai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar